Pages

Sunday, June 7, 2009

Resep Ttebokki



Hari minggu ini, gw bikin Tteobokki, tau kan itu apa??? Yup, itu tteobokki yang ssering dimakan di drama2 korea tiu lho, yang berbahan dasar kue beras (tteuk)...

gw dapet dari blognya Tazkiana Ajossi ama video di youtube, dan pas diliat ga ribed2 amat, jadinya gw coba bikin. Karena susah buat nyari kue berasnya, so gw coba bikin dulu kue berasnya. Nih gw rangkym resepnya yang dari Tazkiana ajossi ama dari utube, soalnya aga beda gitu..

Cara membuat garaetteok adalah :

1. Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan

2 . Cara membuatnya :
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan/saringan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang (simpen aja tepung yang tadi di wadah tahan panas/rantang) Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Nah, itu bikin teuk/garaetteok, aga riber sey,, tapi mayan lah gampang!

Cara Membuat Tteobokki adalah :


1. Bahan-bahan :
200 g Teuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay ~~ diiris 1-2 cm
1 buah wortel ~~ belah memanjang trus diris serong
1/4 buah kubis/kol ~~ di iris tebalnya 2 cm
2 buah jamur Shitake kering ~~ di rendem air panas trus diiris 1-2 cm
1 sdt minyak wijen
1 bks baso ikan
1 bungkus inti kokita (inti A) ~~ ini gw maasukkin gara2 gag nemu pasta cabenya alias Kochujang, jadinya inisiatif pake bumbu inti kokita
1 sdm cabe bubuk ~~ tapi kalo cabe bubuknya gag merah, bisa ditambahin i sdm paprika bubuk yang merah. *wajib pake*
1 siung bawang putih dicincang halus
1 -2 tangkai bawang daun ~~ diiris 2-2.5 cm
Garam dan gula sesuai selera
Air secukupnya

2 . Cara membuatnya :
1. Rebus air secukupnya, lalu masukkan baso ikan sampai baso nya matang
2. Angkat dan tiriskan basonya, kemudian potong sesuai selera
3. Sementara Air yang tadi bekan rebusan baso ikan mendidih, langsung masukkan bawang putih cincang, bumbu inti kokita, cabe bubuk, minyak wijen lalu diaduk.
4. Setelah bumbu udah pas, dan mendidih, masukkan wortel dan tunggu smpai wortel udah mateng dan gag keras, lalu masukkan kubis , baso ikan, dan bawang bombay.
5. Kalo pas bagian ini airnya udah habis, bisa ditambahkan sedikit lagi airnya. Lalu setelah itu, masukkan Tteuk/kue berasnya, aduk perlahan, lalu masukkan jamur shitakenya dan bawang daun.
6. Setelah mendidih, matikan apinya.


Tips & Trik :
~Jangan dulu dimakan, diemin dulu. Lalu ntar pas udah aga lama, lo nyalain lagi kompornya, trus masak lagi tteobokkinya bil ditambahin sedikit airnya. Tunggu ampe meletup2..udah itu angkat.

~Kalo lo kebanyakan makan, trus mw disimpen buat besok, masukkin aja ke kulkas. Cara angetinnya : lo tambahin air di wajan, masukkin juga bubuk cabe, garam, penyedap sesuai selera..lalu baru lo masukkin Tteobokki yang dari kulkas tadi.

5 comments:

  1. 너무 맛있다... 잘했다 ... sayangnya duluan abis...untuk resep berikutnya harus cicipi oleh pembaca OK. gomawoyo...

    ReplyDelete
  2. eline nie.. web nya keren!!!!!!!!!!
    unnie ga suka SNSD??
    kurang lebih kpop kesukaan kita sama persis!!!

    ReplyDelete
  3. ajossi : whaaa, ok!Tenang ajaa..ini resep ptama yang yut buat, hihi..dulu cuman ramyun yang di mix aja hehe..
    ditunggu yuaa resepna ajossi..

    ReplyDelete
  4. eline : de..gomawo..
    ehh, suka kok! cuman suka lagu-nya aja ma perform mereka..soalnya orangna ga telalu hapal..hehe
    knp gt??
    whaaa, asyik ada temen neh kesukaannya sama..
    ^^

    ReplyDelete
  5. Hello readers!

    Kami dari KOREAN FOOD HEAVEN. Kami ada menjual aneka makanan Korea yang halal (tidak mengandung babi ataupun arak). Mulai dari kimchi, tteokbokki, garraetteok, jajangmyun, oden, dll. Ada juga perlatan makan dan pernak-pernik asli Korea lainnya.

    Semua bahan makanan yang kami gunakan untuk membuat makanan adalah 100% impor DAN sudah kami cross-check ke pabrik produsennya untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada satupun produk yang kami gunakan mengandung unsur babi ataupun arak.

    Silahkan cek [ http://www.tokopedia.com/koreanfoodheaven ] untuk melihat katalog produk kami. Silahkan hubungi kami via email [ koreanfoodheaven@gmail.com ] atau LINE ID [ aya838aya ] atau SMS [ 0853-6108-4381 ] untuk informasi dan keterangan lebih lanjut.

    Jangan lupa follow instagram untuk update terbaru! Banyak promo dan giveaway loh: @_koreanfoodheaven_

    ^^ Gomapseumida/ Terima Kasih ^^

    ReplyDelete

 
Images by Freepik